Jumat, 24 Juli 2009

Trik Belajar Efektif Sebulan Sebelum Ujian (I)


Berikut adalah tips untuk belajar instan secara by-pass-plus sebelan menjelang ujian apapun itu. Yang dimaksud disini adalah belajar sebatas menyiapkan diri untuk menjawab soal-soal tersebut, maka cara instan itu insyaallah ada. Minimal sah untuk menjawab “situasi darurat”. Untuk itu biasa disebut belajar by-pass.

Sementara plusnya, adalah dengan memperbanyak input gelombang Alpha dalam otak kita. Gelombang alpha adalah sutau alunan gelombang elektromagnetik di otak yang membuat kita merasa nyaman bebas dari tekanan. Tak peduli biar pun secara mental kita tengah menghadapi “tekanan psikis” yang berat sekalipun. Landasannya 100% ilmiah dan sudah terbukti.

Begini ceritanya jalan by pass itu :
Pertama. Pahamilah bahwa soal-soal itu dibuat memang untuk menjebak. Dia dilahirkan nyaris memang sebagai ranjau. Paham 100% soal-soal tersebut jelas tidak mungkin bukan???

Contoh sepelenya apakah mungkin bagi kita hapal rumus kenaikan tinggi pipa kapiler, rumus gaya gesek Stokes, rumus umum hukum Biot Savart, seluruh rumus titik berat suatu bangunan atau radius atom Niels Bohr? Itu baru materi fisika, belum lagi jika dipaksa mengingat segudang rumus matematika , Kimia, bahkan sampai konsep-konsep hapalan Biologi, Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan apalah namanya. Jelas itu tidak mungkin.

Ini darurat perang. Makanya perlu langkah-langkah by-pass dalam pengertian sistematika tertentu yang memang harus ditemukan khusus untuk keadaan ini.
Jadi dari mana kita memulainya?

Belajarlah mulai dari konsep-konsep yang terpenting, dan jika masih ada waktu, baru meluas ke hal-hal lain secara mendetail. Pemahaman secara sistematis dan gradual seperti inilah yang diharapkan dapat memperoleh hasil yang optimal.
Ada dua poin penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemetaan terhadap persoalan materi-materi yang diujikan, yakini pertama pahamilah estimasi dan komposisi soal yang akan keluar. Untuk kepentingan ini, kamu bisa melihat kisi-kisi ujian. Ke dua, pahamilah jenis-jenis soal seperti apa yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk muncul. Pemaham yang benar untuk kedua aspek ini memberikan arahan strategi belajar yang efektif.

Nantikan lanjutan trik kedua dan ketiganya... :)

Sumber : Menjadi pemenang UMPTN. Drs. Yana Karyana dan Herien Priyono
CISS Press, 2001

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklan

bisnis,pendidikan,agama,soal um ugm
 

Banner My Flend

Anggota yang Ikutan

Blognya soalumugm.com Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template