Kamis, 30 Juli 2009

Kunci Belajar yang Sukses


Yup… yup…
Kali ini postingannya tentang bagaimana belajar yang baik dan bisa menjadi acuan untuk masa depan anda tentunya..

Singkat saja..
Anda hanya perlu lakukan ini dan boooommmm….., hasilnya akan terasa secara singkat, cepat, dan padat.

1. Pergunakanlah hal-hal yang anda anggap baik untuk meningkatkan proses belajar anda, jangan takut selagi tidak merusak.

Hal ini pasti belum pernah anda coba, tetapi terbukti, cara ini sangat efektif untuk mempengaruhi belajar anda. Karena setiap orang memiliki cara belajar masing-masing yang belum mereka ketahui, maka sangat saya anjurkan kepada anda untuk memulai pencarian hidup, eh... pencarian belajar. Misalnya menyediakan secangkir kopi atau meletakkan beberapa cemilan di meja anda. Atau jika tidak terganggu silahkan belajar sambil mendengarkan musik bahkan sambil menonton TV. Tapi cara terakhir tidak saya anjurkan. Kalau bisa kenapa tidak dicoba...

2. Motivasi hadiah??? Mungkin... cara yang menakjubkan.


Cara ini diutamakan dan dianjurkan untuk anda yang pemalas, jika anda bukan salah satu orang tersebut. Terserah untuk anda mencobanya atau tidak. Saya sarankan ya!. Cara ini fleksibel, sesuai dengan kemampuan dan keinginan anda. 1 lagi, pastikan hadiah di dapat setelah menyelesaikan belajar dengan semaksimal mungkin.

Caranya : Tetapkan sampai kapan waktu atau batas yang ingin anda pelajari. Sebelumnya tetapkan hadiah apa yang akan ditawarkan kepada diri anda. Tetapi ingat hadiah harus sesuai dengan tingkat kesulitan pelajaran yang anda lakukan. Contohnya : Istirahat atau mendapatkan secangkir kopi untuk selesainya membaca sejarah pahlawan. Dan makan di restoran bintang lima atau nonton layar tancap di lapangan bola bersama pacar anda untuk hapalan rumus fisika yang kompleks dan rumit.

3. Motivasi hati, pendukung paling utama.

Jika anda mengatakan motivasi hadiah cukup baik untuk anda. Maka itu belum sempurna...

Mengapa? Karena motivasi hati juga berpengaruh besar, diantaranya keinginan untuk maju dan semangat yang membara, serta seberapa besar anda ingin mencapai tujuan anda. Oke, itu tidak perlu saya jelaskan satu persatu dan silahkan anda presentasi sendiri. Lalu seberapa besar pengaruhnya terhadap belajar anda??

4. Pergunakan waktu yang sedikit untuk hasil yang lebih baik.

Begini,,,,
Saya yakin anda memiliki waktu luang saat anda sedang menunggu telpon dari pacar atau sedang membersihkan kamar tidur anda. Pergunakan waktu sedikit tersebut untuk mengulang dan membaca hal yang telah di pelajari. Dari pada terbuang percuma. Waktu luang ini jumlahnya tidak sedikit dalam satu hari. Tapi saya sarankan agar jangan mempelajari hal yang berat, seperti menghapal, mengerjakan soal, atau lainnya. Karena ini hanya memanfaatkan waktu yang sedikit.

Bayangkan... berapa besar kesempatan anda untuk mengulang dan membaca kembali, dan itu akan menjadikan hasil yang sangat memuaskan. Apakah sebelumnya sudah terpikir oleh anda??

5. Latihan, hal yang penting untuk mengukur tingkat kemajuan anda.

Untuk yang satu ini, anda jangan takut. Karena saya telah membuat latihan soal berupa soal UM UGM yang pernah keluar maupun prediksi-prediksi soal UM UGM yang baru. Selain itu untuk sebulan terakhir menjelang UM UGM, saya akan meng-upload soal setiap minggu. Berarti ada 4 prediksi soal.

Soal tersebut, saya harapkan akan anda jadikan tumpuan dan titik tolak kemampuan anda setiap minggunya. Ini tidak akan berhasil jika anda hanya sekedar mengerjakan soal, memberi nilai, dan selanjutnya membuang ke tong sampah. Untuk menghindari itu, saya telah menyediakan sebuah bagan intrupsi diri. Dan saya jamin ini sangat berguna untuk anda. Tapi nanti... ^_^

Pasti anda capek bukan, dengan hanya melihat seluruh rangkaian nomor-nomor tersebut jangan anda menjadi pesimis dengan keadaan anda. Saya anjurkan untuk memulai dengan cara pelan-pelan dan santai. Dan jangan sekali-kali mencoba semuanya sekaligus. Ngerti kan?? Jika sudah dimulai mencoba, anda akan ketagihan mencoba hal lainnya karena itu sangat menarik. Yakinlah...

Jangan dipikir terus dong... Mulai kerjakan dari sekarang!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklan

bisnis,pendidikan,agama,soal um ugm
 

Banner My Flend

Anggota yang Ikutan

Blognya soalumugm.com Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template