Sabtu, 02 Januari 2010

Persiapan Kemah Penting I

Dewasa ini semakin banyak orang menggemari olahraga/kegiatan alam terbuka (KAT).

Misalnya perjalanan ke hutan-gunung, tebing, caving, susur pantai, orad dll. Perjalanan tersebut dilakukan dengan berbagai tujuan; survey, penelitian, ekspedisi atau hanya untuk sekedar “jalan-jalan”. Semua jenis perjalanan tersebut dengan tujuan masing-masing memerlukan persiapan yang baik, karena perjalanan itu merukan olahraga/KAT berisiko tinggi dalam arti situasi dan kondisi yang serba tidak menentu.yang dapat berubah sewaktu-waktu.

Keberhasilan suatu kegiatan perjalanan ditentukan oleh banyak sekali faktor. Salah satu faktor terpenting adalah kemampuan individu yang meliputi :

1. Kemampuan teknis, yang berhubungan dengan segala pengelolaan alat, efisiensi, pergerakan.
2. Kemampuan kebugaran; mencakup kebugaran fisik, kesegaran jasmani, cardiovascular, serta pengkondisian tubuh terhadap tekanan lingkungan.
3.Kemampuan kemanusiawian; sikap mental, percaya diri, ulet, kemampuan untuk memimpin dan Dipimpin.
4. Kemampuan pemahaman lingkungan; pengembangan kemampuan terhadap bahaya dari lingkungan serta pengembangan naluri.

S A F E T Y

Dalam melakukan perjalanan jangan sampai kegiatan tersebut membuat kita sengsara. Buatlah perjalanan yang menyenangkan, aman, dan nyaman. Seorang penggiat KAT harus dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat apakah medan dalam keadaan bahaya atau aman. Bahaya dapat digolongkan menjadi dua ;

1. Bahaya subyektif; potensi bahaya yang berasal dari diri manusia. Misalnya ; kurangnya kemampuan individu, kurangnya peralatan yang dibawa dll.

2. Bahaya obyektif; bahaya yang diluar kendali manusia. Misal Banjir, gempa dll.

Semakin subyektif suatu bahaya, maka akan semakin dapat dihindarkan. Semakin obyektif suatu bahaya semakin sulit untuk dihindarkan.Dari sekian banyak kecelakaan sebagian besar disebabkan oleh subyektif danger.

Untuk melakukan suatu perjalanan persiapkanlah segala sesuatunya dengan matang. Yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan perjalanan :

1. Faktor alam

Mencakup pemahaman tentang lokasi yang akan dihadapi. Dapat diperoleh dengan membaca literatur, Informasi dari instansi-instansi dll. Dengan bekal informasi yang akurat, kita dapat mempersiapkan dan merencanakan waktu perjalanan yang tepat jalur yang akan ditempuh, serta perlengkapan yang akan kita bawa.

2..Faktor peserta

Berhubungan dengan personil peserta. Mencakup pemilihan personil, job description, kemampuan dari tiap-tiap personil dll.

3. Faktor penyelenggaraan

Mencakup permasalahan-permasalahan dari tahap persiapan, pemilihan tim, pembagian
kerja, perijinan, pendokumentasian, pendanaan, sampai tahap operasional.

Perencanaan yang baik adalah membagi kegiatan menjadi sejumlah tahapan yang mengacu pada waktu yang tersedia dan cakupan pekerjaan. Dengan demikian kerja kita akan terprogran dan terjadwal dengan baik , sehingga kita perlu untuk membuat jadwal atau time scedule.

PERLENGKAPAN DAN PERBEKALAN

Perencanaan perlengkapan dan perbekalan yang baik merupakan faktor yang menentukan keberhasilan suatu kegiatan perjalanan. Juga dapat memperkecil resiko kecelakaan. Tetapi masih banyak orang yang kurang memperhatikan masalah kelengkapan dari peralatan yang akan dibawa. Peralatan dan perbekalan yang memadai akan membuat perjalanan menjadi enak, nyaman dan nyaman, sehingga dapat kembali dengan selamat.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memilih peralatan dan perbekalan yang akan kita bawa antara lain :

1. Menentukan tujuan perjalanan; hutan-gunung, tebing, penelitian, SAR dll.
2. Mengetahui informasi dan data tentang jenis medan yang akakn dihadapi.
3. Mengetahui lamanya perjalanan.
4. Mengetahui kendala dan keterbatasan membawa.

Setelah kita mengetahui hal-hal tersebut diatas, maka kita dapat memilih peralatan dan perbekalan yang sesuai dan selengkap mungkin tetapi bebannya tidak melebihi kemampuan kita, yang dikenal dengan istilah “maximum utility in minimum weight”, dengan beban ideal tidak melebihi 1/3 berat badan.

Macam-macam perlengkapan dapat dikelompokkan sebagai berikut :

1. PERLENGKAPAN DASAR, meliputi :

a. Perlengkapan untuk pergerakan.
b. Perlengkapan untuk memasak, makan dan minum.
c. Perlengkapan tidur.
d. Perlengkapan untuk MCK.
e. Perlengkapan pribadi.

Sumber : ...????
Oleh : Ardhi Sukses

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklan

bisnis,pendidikan,agama,soal um ugm
 

Banner My Flend

Anggota yang Ikutan

Blognya soalumugm.com Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template